Latest Updates

Hal yang perlu dipersiapkan saat akan melamar kerja

Hal yang perlu dipersiapkan saat akan melamar kerja - sering kali orang merasa bingung saat akan melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan, apalagi bagi nada yang baru lulus dari pendidikan maka melamar pekerjaan adalah hal yang benar-benar baru dan kurang paham akan hal tersebut. Kami info jobs terbaru hadir memberikan beberapa tips yang perlu anda persiapakan saat melamar kerja. simaklah selengkapnya pberikut :
Pada edisi kali ini, kami akan mencoba menuliskan beberapa hal yang perlu anda perhatikan n dalam melamar pekerjaan, diantaranya adalah:
Hal yang perlu dipersiapkan saat akan melamar kerja

1. Mempersiapkan berkas-berkas lamaran secara lengkap

Berkas lamaran yang perlu dipersiapkan biasanya terdiri dari:

a. Ijazah Pendidikan Trakhir dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir

Ini merupakan hal pertama yang harus dipersiapkan. Sebagai pelamar, anda ‘menjual’ ijazah anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampun anda. Transkrip nilai juga menjadi salah satu nilai tambah,apalagi jika nilai anda lebih baik dari standar yang sudah ada ditetapkan perusahaan. Beberapa perusahaan mempunyai syarat untuk meninggalkan ijazah asli untuk disimpan di perusahaan sebagai ‘jaminan’, seperti di perusahaan perbankan dan beberapa perusahaan retail, bahkan cpns. maka dari itu, akan lebih baik jika anda melapisi ijazah dan transkrip anda dengan cara dilaminating. Hal ini untuk menjaga agar ijazah tidak cepat rusak, mengingat ijazah berlaku seumur hidup anda. Persiapkan juga fotokopi ijazah dan transkrip yang dilegalisir. Biasanya saat melamar, anda akan diminta menyerahkan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir. Persiapkan fotocopy ini secukupnya untuk melamar CPNS dan perusahaan BUMN, sedangkan untuk perusahaan swasta cukup gunakan fotokopi legalisiran saja (legalisir yang difotocopy).

b. Pas foto terbaru

Pas foto yang digunakan dalam melamar pekerjaan biasanya menggunakan pas foto yang digunakan pada ijazah. Tetapi sebaiknya anda gunakan pas foto terbaru (jika umur ijazah sudah lebih dari 2 tahun). Untuk pas foto, gunakan pakaian formal. Persiapkan sejumlah pas foto ukuran 3×4 dan 4×6.

c. KTP yang masih berlaku dan fotokopian.

tidak jarang juga terjadi pada saat pembukaan lowongan CPNS atau perusahaan, KTP pelamar sudah tidak berlaku alias sudah kadaluarsa karena lupa memperpanjang KTP. Ini hal sepele, tapi bisa fatal akibatnya, apalagi butuh proses dalam pembuatan atau perpanjangan KTP.

d. Sertifikat-sertifikat kursus atau keahlian anda.

Sebagai nilai tambah anda dalam melamar pekerjaan, lampirkan juga sertifikat yang anda miliki. Misalnya, anda pernah mengikuti kursus komputer, atau kursus bahasa, atau penghargaan yang pernah anda raih. Lebih baik lagi jika sertifikat yang anda lampirkan berkaitan dengan pekerjaan yang anda lamar.

e. Amplop coklat ukuran folio, klip penjepit kertas, dll

Jika beberapa berkas utama sudah anda persiapkan, siapkan juga media untuk mengirimkan lamaran anda seperti amplop coklat ukuran folio.

2. Persiapkan alat tulis

Alat tulis juga perlu untuk dipersiapkan dalam melengkapi syarat lamaran, seperti tanda tangan dll. Selain itu, alat tulis juga akan anda gunakan pada saat tes tertulis untuk seleksi calon karyawan di suatu perusahaan. Alat tulis yang perlu anda persiapakan antara lain: pulpen, pensil 2B, pensil HB, karet penghapus, rautan/cutter, alas tulis (papan), penjepit kertas, dll.

3. Cari informasi lowongan kerja

Untuk mendapatkan informasi lowongan kerja, anda bisa mendapatkannya dari berbagai sumber antara lain:

a. Surat kabar (koran) atau tabloid.

Informasi lowongan kerja di surat kabar ada setiap hari, tapi untuk perusahaan besar, biasanya memberikan informasi lowongan kerja di surat kabar di hari sabtu dan minggu.

b. Internet

pada zaman teknologi informasi, segala jenis informasi dapat dengan mudah didapatkan melalui internet. ada banyak website yang memberikan informasi lowongan kerja. Misalnya: jobstreet.com, experd.com, jobsdb.com, lowongan123.com, dan masih banyak lainnya. Silakan ketik di Google “lowongan kerja”, ada banyak situs ada di sana. Untuk mendapatkan update lowongan terbaru, anda bisa berlangganan pada situs tersebut dengan menggunakan RSS feed atau email opt in, bisa juga lewat facebook pages atau grup di facebook.

c. Rekan anda di suatu perusahaan

Ini bukan bermaksud untuk nepotisme, tetapi sekadar informasi paling baru dari perusahaan tempat rekan anda bekerja. Keputusan apakah anda akan diterima atau tidak, itu urusan perusahaan.

4. Meningkatkan kemampuan anda (skill, attitude, knowledge)

Tak bisa dipungkiri, perusahaan tentu saja mencari kandidat yang terbaik. Perusahaan mencari kandidat yang memiliki skill atau keahlian yang tepat dengan yang diinginkan perusahaan, attitude atau kesopanan yang baik, dan knowledge atau pengetahuan yang luas. Untuk menjadi pribadi yang disukai perusahaan, anda harus punya hal-hal itu, dan anda harus bisa mengenali diri anda. Tingkatkan kelebihan anda, dan cari solusi untuk kekurangan anda. Adanya kekurangan dalam diri anda bukan menjadi kelemahan anda, tetapi akan menjaadi kekuatan anda jika anda mampu mengatasi kekurangan anda dengan hal-hal yang sederhana tapi bermanfaat untuk menepis kekurangan anda tersebut. Berlatihlah mengerjakan soal-soal latihan, seperti psikotes (logika, menggambar, dll), matematika, kemampuan bahasa (bahasa Indonesia, bahasa Inggris) baik tertulis ataupun lisan.

5. Siapkan pakaian formal dalam mengikuti tahapan seleksi calon karyawan

Sebaiknya anda mengenakan pakaian yang formal. Untuk cowok gunakan kemeja lengan panjang, kalau perlu berdasi, celana kain, dan sepatu pantofel. Untuk cewek gunakan pakaian formal, pakai rok atau celana kain, make up jangan terlalu tebal. Gunakan wewangian yang wajar, jangan berlebihan.

6. Siapkan hati dan mental anda

Hal ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan anda dalam memperoleh pekerjaan. Berpikirlah positif untuk pekerjaan yang anda lamar, jangan baru mau melamar anda sudah berpikir yang tidak-tidak. Jadi positif thinking dan percaya diri adalah kunci keberhasilan anda, selain kemampuan teknis anda.

7. Siapkan biaya akomodasi

Lokasi tes seleksi biasanya dilakukan di kampus, gedung pertemuan, atau perusahaan. Untuk menjangkau lokasi tersebut, anda membutuhkan biaya transportasi. Terlebih untuk seleksi yang dilakukan di luar kota.

8. Berusaha dan berdoa

Mencari pekerjaan yang tepat membutuhkan usaha dan doa. Pantang menyerah dan tetap berusaha sampai mendapatkan yang terbaik. Jangan lupa tetap berdoa, karena pada dasarnya pekerjaan adalah pemberian Tuhan, jadi mintalah pada TUhan pekerjaan yang tepat untuk anda dan sesuai dengan kemampuan anda.

Itulah tadi beberapa hal -hal yang perlu anda persiapkan saat akan melamar kerja. semoga ulasan tadi bermanfaat untuk anda. Jangan Lupa baca juga : Tips Keren dan ampuh dalam menulis surat lamaran kerja. Semoga sukses dan mendapatkan pekerjaan yang terbaik untuk anda.

0 Response to "Hal yang perlu dipersiapkan saat akan melamar kerja"

Posting Komentar